Diberdayakan oleh Blogger.


Kepedulian Sosial


diposting oleh dhiya-atika-fib13 pada 28 May 2014
di Etika Kepribadian - 0 komentar

Kepedulian Sosial
Pengertian kepedulian sosial ialah rasa peduli yang muncul dari dalam diri kita kepada apapun yang ada lingkungan sekitar kita. Kepedulian sosial berasal dari kata “peduli” ialah rasa perhatian dan “sosial” ialah lingkungan untuk berinteraksi. Kepedulian sosial  di juga dapat diartikan rasa perhatian yang muncul dari dalam kita terhadap lingkungan sekitar kita. Kepedulian sosial berasal dari kepekaan hati  yang tidak mengenal perbedaan dan juga tidak mengharapkan pamrih. Ada beberapa cara untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial. Kepedulian harus di tumbuhkan sejak kecil karena itu rasa kepedulian sosial ini akan di bawa sampai kita tua nanti. Dalam menumbuhkan rasa kepeduliaan sosial itu ada beberapa cara, yaitu:
  1. Menerapkan dan meniru perilaku kepedulian sosial dari orang-orang yang di kagumi.
  2. Melalui proses perolehan tentang kondisi dan keadaan sosial orang yang lemah.
  3. Menerima dampak yang positif setelah melakukan kepedulian sosial pada sesama.
Tanggapan
Saya setuju dengan rasa kepedulian sosial karna itu sesuatu hal yang baik. Karena dengan ini kita bisa memperat rasa persaudaraan dengan orang lain. Dan juga lebih peduli dan peka pada sesuatu yang memerlukan bantuan kita. Tidak hanya pada saudara atau pun orang terdekat kita tetapi juga kepada orang yang memerlukan bantuan kita. Karena kepedulian sosial tidak mengenal perbedaan. Maka itu kita harus menumbuhkan rasa kepedulian sosial di dalam diri kita.
Penerapan dalam masyarakat
Penerapan dalam masyarakat dapat di implementasikan dengan lingkungan sekitar kita. Masyarakat harus lebih peduli pada lingkungan sekitar kita. Harus lebih ditanamkan rasa lebih peduli pada sesamanya. Karena masih banyak orang yang kurang peduli pada sesama yang tidak menghiraukan orang yang membutuhkan bantuan dan mereka hanya tak acuh pada sesama mereka. Seharusnya kita lebih peduli agar tidak ada orang yang kesusahan lagi.
Penerapan dalam mahasiswa
Penerapan mahasiswa juga bisa di terapkan dalam kehidupan kita. Mahasiswa dapat menerapkan kepedulian dalam proyek implementasi. Seperti membuat cara sebuah acara seperti bakti sosial. Dengan begitu kita bisa menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dan juga kepekaan kita. Agar kita bisa lebih peduli dan tidak acuh pada lingkungan kita. Karena kita sebagai manusia atau mahkluk sosial tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Daftar pustaka

Binus Nusantara, Relasi dengan Sesama, Elex Media Computindo
http://iimazizah.wordpress.com/2012/12/18/kepedulian-sosial/

0 komentar:

Posting Komentar